Wednesday, March 7, 2018

MENGENAL SOFTWARE ARCGIS


MengenalSoftware ArcGIS – Hai ketemu lagi dengan saya, tulisan saya kali ini mengenalkan dengan kalian software ArcGIS. Banyak konten – konten yang terdapat di dalam software ArcGIS, setiap konten memiliki fungsi masing – masing.
Oke langsung saja kita bahas setiap fungsi masing – masing konten yang terdapat di ArcGIS, dan jangan lupa sipakan secangkir kopi agar lenih maknyusssss 😊

Software ArcGIS
ArcGIS adalah salah satu software yang dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institue) yang merupakan kompilasi fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS yang berbeda seperti GIS desktop, server, dan GIS berbasis web. Software ini mulai dirilis oleh ESRI Pada tahun 2000. Produk Utama Dari ARCGIS adalah ARCGIS desktop, dimana ArcGIS desktop merupakan software GIS professional yang komprehensif dan dikelompokkan atas tiga komponen yaitu :
·  ArcView(komponen yang fokus ke penggunaan data yang komprehensif, pemetaan dan analisis),
·  ArcEditor (lebih fokus ke arah editing data spasial)
· ArcInfo (lebih lengkap dalam menyajikan fungsi-fungsi GIS termasuk untuk keperluan analisi geoprosesing)
Software ArcGIS pertama kali diperkenalkan kepada publik oleh ESRI pada tahun 1999, yaitu dengan kode versi 8.0 (ArcGIS 8.0). ArcGIS merupakan penggabungan, modifikasi dan peningkatan dari 2 software ESRI yang sudah terkenal sebelumnya yaitu ArcView GIS 3.3 (ArcView 3.3) dan Arc/INFO Workstation 7.2 (terutama untuk tampilannya). Bagi yang sudah terbiasa dengan kedua software tersebut, maka sedikit lebih mudah untuk bermigrasi ke ArcGIS. Setelah itu berkembang dan ditingkatkan terus kemampuan si ArcGIS ini oleh ESRI yaitu berturut turut ArcGIS 8.1, 8.2, 9.0, 9.1, 9.2, dan terakhir saat ini ArcGIS 9.3 (9.3.1) dan sekarang sudah ada ArcGIS 10 (saya sendiri menggunakan ArcGIS 10.5 heeee 😊).
ArcGIS 10.5  merupakan software generasi penerus dari ArcGIS 10 yang dirilis pada tahun 2005, sebagai sebuah koleksi yang terintegrasi dari beberapa produk software mengenai Sistem Informasi Geografis (SIG/GIS), yang dikeluarkan oleh ESRI (Environmental Systems Research Institute) yang bermarkas di Redlands, California pada bulan May 2006 untuk kebutuhan pengembangan  studi   SIG   /GIS   dengan peningkatan   kebutuhan   kreasi,   manajemen,   integrasi, analisis,    dan  diseminasi data  untuk  setiap pengguna dari seorang individu sampai pada organisasi global pada platform yang beragam, seperti PC desktop, server, custom application, portable device, Web, dan lain sebagainya.
ArcGIS 10, dibagi menjadi lima bagian besar dari framework pengembangan SIG/GIS, yaitu:
a.    ArcGIS  Desktop:  sebuah  integrasi  dari  software  pengembangan  aplikasi  SIG/GIS  secara professional pada sebuah PC secara individu, yang terdiri dari tiga level, yaitu ArcView, ArcEditor, dan ArcInfo.
b.    ArcGIS    Engine:    sebuah    software    yang    digunakan   untuk    pengembangan   aplikasi    dari komponen-komponen SIG/GIS secara mandiri (costum GIS applications) serta membangun aplikasi yang memfokuskan pada  solusi  GIS  dengan  interface  yang  simple  dengan  menggunakan bahasa-bahasa pemrograman, seperti : C++, COM, .NET, dan Java.
c.  Server GIS :  sebuah integrasi dari software untuk  pengembangan proses sentralisasi data SIG/GIS dari sebuah host server yang digunakan dalam keperluan publishing, sharing, geoprocessing, dan manajemen informasi geografis dalam suatu organisasi yang besar dan banyak pengguna. Terdiri dari tiga produk server, yaitu ArcSDE, ArcIMS, dan ArcGIS Server.
d.  Mobile GIS: sebuah software yang dikhususkan bagi penggunaan sitem operasi pad Mobile GIS, Tablet PC, dan GIS portable device lainnya, baik sebagai ArcGIS Desktop maupun ArcGIS Engine.
e. Geodatabase: pusat dari model integrasi informasi geografis, yang digunakan untuk mengorganisasi data SIG / GIS ke dalam layer-layer tematik dan representasi spasialnya sebagai sebuah integrasi standar dari SIG / GIS dan DBMS (Data Base Management System) pada sebuah media penyimpanan fisik. Software ArcGIS yang digunakan pada sistem ini adalah ArcSDE.

Framework ArcGIS

Terdapat 5 aplikasi dasar di dalam software ArcGIS. Baik kita akan bahas satu persatu dari setiap 5 aplikasi dasar ArcGIS, sebagai berikut :
a.    ArcMap
ArcMap merupakan aplikasi utama di dalam ArcGIS, aplikasi ini biasa digunakan untuk mengolah data seperti membuat data base baru (create), menampilkan data base yang sudah ada (viewing), memilih (query), editing data, melakukan analisis data (analys), composing dan publishing peta. ArcMap dibagi dua view utama, yaitu :
·     Geographic Data View (tampilan data geografis), tampilan untuk pekerjaan kartografis dengan menggunakan data geografis dalam  proses simbolisasi, analisis, dan kompilasi dataset SIG / GIS.
·    Page Layout View (tampilan layout peta), tampilan yang berupa content dari data view yang didesain dengan tampilan elemen-elemen publishing peta, seperti : skala batang, grid peta, legenda, arah utara, referensi  peta,  dan  tampilan  kartografis  lainnya  untuk  memperindah dan  mempermudah pembacaan informasi spasial peta oleh user.
Tampilan ArcMap


ArcCatalog merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengatur/mengorganisir data spasial maupun metadata dan menyimpan data – data SIG. ArcCatalog dapat membantu dalam proses eksplorasi dan mengolah data spasial, dapat digunakan unutk melihat data. Ada beberapa tools yang digunakan :
·     Pencarian informasi data geografis (browse and find) baik pada personal database, server, local network, maupun dari Web.
·      Penyalinan (record), penampilan (view), dan managemen metadata.
·    Pendefinisian data (define) serta melakukan proses konversi data (export -import) skema dan desain geodatabase.
·     Sebagai administrator dari sebuah server ArcGIS.

Tampilan ArcCatalog


ArcToolbox merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai inti dari semua proses analisis dalam ArcGIS. Dalam ArcToolbox terdapat tools atau perintah – perintah untuk melakukan analisis, dan sudah di kelompokan sesuai dengan fungsi dan anilisisnya.
Tampilan ArcToolbox


d.    ArcGlobe

ArcGlobe merupakan aplikasi yang befungsi untuk menampilkan peta dalam bentuk 3D ke dalam bola dunia dan dapat dihubungkan langsung dengan internet. ArcGlobe merupakan bagian dari ekstensi 3D Analyst pada ArcGIS desktop 10, yang memberikan tampilan 3D  interaktif dari sebuah informasi geografis dengan multiresolusi. Seperti ArcMap. ArcGlobe bekerja dengan layer data, untuk menampilkan informasi dalam sebuah geodatabase dan mendukung semua format data GIS. ArcGlobe memiliki tampilan 3D yang dinamis, dimana setiap layer data GIS akan ditempatkan pada konteks yang global, yaitu di atas bola bumi (globe) digital yang dapat dicostumize tampilannya. Pada ArcGlobe juga dimungkinkan untuk melakukan beberapa pekerjaan GIS, seperti editing, analisis data spasial, pemetaan, dan visualisasi.

Tampilan ArcGlobe

a.    ArcScene

ArcScene  merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengolah, menyajikan atau menampilkan peta,  yang memberikan tampilan 3D interaktif dari sebuah informasi geografis dengan multiresolusi. Seperti ArcMap. ArcScene bekerja dengan layer  datGIS, untuk menampilkan informasi dalam sebuah geodatabase dan mendukung semua format data GIS. ArcScene memiliki tampilan 3D yang dinamis, dimana setiap layer data GIS akan ditempatkan pada konteks yang global.


Tampilan ArcScene

Selain seperti yang sudah dijelaskan diatas tentang 5 aplikasi dasar ArcGIS. ArcGIS juga memiliki 13 ekstensi yang berfungsi sebagai pendukung aplikasi ArcGIS untuk mengolah data yang kompleks dan komprehensif, beberapa ekstensi tersebut diantaranya :
a.  ArcGIS Spatial Analyst, Untuk melakukan analis  dan  pemodelan spasial data  vektor dan  raster, melakukan proses kalkulasi aljabar sebuah peta (ArcGrid).
b.   ArcGIS 3DAnalyst, Untuk membuat, menampilkan, mengedit, mendesain, dan melakukan pemodelan data spasial format 3D.
c.  ArcGIS Schematics, Untuk menampilkan network data spasial dan informasi tabular ke dalam bentuk skematis dengan pilihan representasi skema yang beragam, guna mempermudah pembacaan informasi dan analisis data.
d.  ArcGIS Data Interoperability, Untuk melakukan proses pembacaan,  konversi, dan transformasi data secara langsung dari beberapa format data, dari atau ke platform ArcGIS desktop 10.
e.   ArcGIS Survey Analyst, Untuk memanajemen informasi dari kegiatan survey yang komprehensif dalam sebuah  geodatabase, melakukan proses  komputasi  dari  beberapa  komponen survey sehingga  akan meningkatkan akurasi semua data SIG / GIS yang didapatkan langsung dari lapangan.
f.   ArcScan  for  ArcGIS,  Untuk  melakukan  proses  editing  data  vektor  dan  raster  yang  terintegrasi, melakukan proses snapping data raster.
g.  ArcGIS   Geostatistical   Analyst, Untuk   melakukan   proses   surface   modeling,   probability, thresholding, error mapping, dan krigging sebuah data raster, melakukan analisis data spasial,
h.   ArcGIS   Tracking   Analyst.   Untuk   menampilkan,   mengedit,   dan   menganalisis   sebuah   peta didasari pada pengaturan waktu dan jarak tempuh.
i.    ArcGIS   Publisher, Untuk   membuat   dokumen   ArcMap   (PMFs)   yang   akan   dipublikasikan pada ArcReader, juga digunakan bersama ekstensi ArcMap server untuk ArcIMS.
j.    ArcPress for ArcGIS, Untuk melakukan pengaturan proses cetak peta.
k.  Maplex  for  ArcGIS,  Untuk  melakukan  proses  annotasi  peta  dengan  pengaturan  penempatan label/teks yang cermat, cepat, dan tepat dalam sebuah produksi kartografis.
l.   ArcGIS StreetMap, Untuk melakukan proses analisis routing dan matching pada sebuah peta jaringan jalan.
m.  ArcWeb Services, Untuk melakukan proses subskripsi   kepada data  yang akan dipublikasikan ke dalam internet.

Terimakasih buat kawan-kawan yang sudah mampir dan membaca tulisan ini, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian. tidak lupa saa selalu mengingatkan kepada kawan - kawan untuk menyempatkan memberikan komentar kritik dan sarannya terkait dengan tulisan yang saya buat ini, maklum saya juga masih dalam proses belajar menulis heee.

Sumber Tulisan :
http://sofware-pemetaan-dwiaprilyawan.blogspot.co.id/2015/03/arcgis-dan-komponennya.html
http://laminer10science.blogspot.co.id/p/panduandasar-arcgis-dimanapada_8383.html

Jangan Lupa Baca Juga Tulisan Sebelumnya :

No comments:

Post a Comment