Saturday, February 17, 2018

Sumber Data Spasial

Assalamualaikum Wr.Wb.

Sumber Data Spasial - Apa kabar semuanya kawan-kawan, kali ini saya akan membahas apa saja yang menjadi sumber data spasial, seperti kita ketahui di pembahasan sebelumnya membahas mengenai Format Data Spasial, terbagi menjadi dua format data spasial yaitu data vektor dan data raster. Terdapat beberapa sumber data spasial yang termasuk kedalam GIS.

Berikut ini merupakan sumber data spasial :

Peta Analog adalah peta dalam bentuk cetakan. Pada umumnya peta analog dibuat dengan Teknik kartografi, sehingga sudah mempunyai refrensi spasial seperti koordinat, skala, arah mata angin, dsb. Peta analog sebelum menjadi peta, digital dikenal dengan nama peta konvesional. Peta konvensional tersebut biasanya berupa peta topografi, jenis tanah, kemiringan lereng, dll.
Untuk menjadi sumber data spasial, peta analog dikonversi menjadi peta digital dengan cara format raster diubah menjadi format vektor melalui proses digitasi sehingga dapat menunjukan koordinat sebenarnya di permukaan bumi. 

Contoh Peta Analog :

Peta Jenis Tanah

DataPenginderaan Jauh (antara lain citra satelit, foto-udara dan sebagainya), merupakan sumber data yang  terpenting bagi  GIS  karena ketersediaanya secara berkala dan  mencakup area tertentu. Dengan adanya bermacam-macam satelit di ruang angkasa dengan spesifikasinya masing- masing, kita bisa memperoleh berbagai jenis citra satelit untuk beragam tujuan pemakaian. Data ini biasanya direpresentasikan dalam format raster.
Penginderaan jauh (atau disingkat inderaja) adalah pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat dari jarak jauh, (misalnya dari pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, kapal atau alat lain. Contoh dari penginderaan jauh antara lain satelit pengamatan bumi, satelit cuaca, memonitor janin dengan ultrasonik dan wahana luar angkasa yang memantau planet dari orbit. Inderaja berasal dari bahasa Inggris remote sensing, bahasa Perancis télédétection, bahasa Jerman fernerkundung, bahasa Portugis sensoriamento remota, bahasa Spanyol percepcion remote dan bahasa Rusia distangtionaya. Pada masa modern, istilah penginderaan jauh mengacu kepada teknik yang melibatkan instrumen di pesawat atau pesawat luar angkasa dan dibedakan dengan penginderaan lainnya seperti penginderaan medis atau fotogrametri. Walaupun semua hal yang berhubungan dengan astronomi sebenarnya adalah penerapan dari penginderaan jauh (faktanya merupakan penginderaan jauh yang intensif), istilah "penginderaan jauh" umumnya lebih kepada yang berhubungan dengan teresterial dan pengamatan cuaca.

Contoh Data Penginderaan Jarak Jauh :

Data Penginderaan Jauh


Data pengukuran lapangan yang dihasilkan berdasarkan teknik perhitungan tersendiri, pada umumnya data ini merupakan sumber data atribut contohnya: batas administrasi, batas kepemilikan lahan, batas persil, batas hak pengusahaan hutan dan lain-lain.

Contoh Data Hasil Lapangan :

Tabel Attribute

Sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu.
Teknologi GPS memberikan terobosan penting dalam menyediakan data bagi GIS. Keakuratan pengukuran GPS semakin tinggi dengan berkembangnya teknologi. Data ini biasanya direpresentasikan dalam format vector.

Contoh data hasil lapangan :

Data Hasil GPS

Sekian Postingan saya kali ini mengenai Sumber Data Spasial, semoga postingan ini berguna untuk kawan-kawan, jika memang ada salah nohon koreksiannya (maklum masih belajar juga 😄).
TERIMAKASIH


Sumber Tulisan :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Pemosisi_Global
https://id.wikipedia.org/wiki/Data_spasial
https://id.wikipedia.org/wiki/Penginderaan_jauh
https://mymeridien.wordpress.com/2008/03/05/peta-analog/


Jangan Lupa Dibaca Juga :




2 comments:

  1. Terimaksih atas infonya,artikel yang sangat membantu.
    Kunjungi website saya yach : https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/junikartika/beranda?authuser=3
    Dan website kampus saya : www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete